Senin, 02 Juni 2008

Tips tunda pikun

[ Sabtu, 31 Mei 2008 ]
Tunda Pikun dengan Makanan?
OLEH : Prof Bambang Wirjatmadi MD MS MCN PhD

Prof Bambang yang terhormat, saya sering lupa dan sesekali bengong. Terutama setelah usia lebih dari 50 tahun ini, ketika kepikunan sudah mewarnai ketuaan. Saya sering mengalami hal itu saat disibukkan hal lain. Kira-kira Dok, adakah makanan yang dapat menghambat atau menghindari kepikunan saya?

Terima kasih

Bapak Suwarso, Sidoarjo

Penurunan daya ingat otak merupakan proses fisiologis pertumbuhan manusia. Proses tersebut mungkin terjadi karena penuaan. Penuaan itu tidak bisa dicegah, namun bisa ditunda. Cepat atau lambatnya penuaan sangat bervariasi dan bersifat individual. Untuk menunda penuaan tersebut, salah satunya adalah otak harus selalu digunakan (berpikir) dan jangan dibiarkan "menganggur" (tidak digunakan).

Kalau Bapak sudah pensiun dari pekerjaan, Bapak harus mulai mencari kegiatan agar otak terus terasah. Misalnya, mengikuti kursus atau kegiatan sosial. Waktu senggang juga bisa digunakan untuk membaca.

Untuk menjaga supaya otak tetap bisa digunakan secara baik, konsumsi makanan harus tetap diperhatikan. Pertahankan pola konsumsi pangan yang beragam,bergizi, dan berimbang. Beragam maksudnya jangan makan makanan tertentu saja, Tapi lengkap dari nasi, lauk, sayur hingga buah. Tentu saja, pastikan makanan tersebut memiliki gizi yang bagus dengan melihat cara pengolahannya. Berimbang artinya makan secukupnya. Jangan berlebihan.

Tidak ada jenis makanan yang secara spesifik bias memperbaiki daya ingat. Sebab, penuaan yang terjadi di otak berupa penurunan fungsi organik. Tidak dipengaruhi konsumi makanan kita.

Namun yang tetap harus diingat, konsumsi makanan tidak boleh sembarangan mengingat usia bapak yang sudah tidak lagi muda. Misalnya kurangi asupan gula dan garam.

Yang juga tidak boleh ditinggalkan adalah olahraga. Dengan menggerakkan fisik secara rutin, organ tubuh dapat terbantu agar bisa bekerja secara maksimal. Ada juga gerakan gerakan olahraga yang bisa membantu melatih daya ingat bapak. (*)

Tidak ada komentar: