Senin, 02 Juni 2008

Hubungan Kerukunan antar Umat beragama

Internasional
[ Senin, 02 Juni 2008 ]
Dalai Lama ke Masjid
NEW DELHI - Dalai Lama kemarin (1/6) berpenampilan seperti ulama. Pemimpin perjuangan Tibet itu diberi kopiah haji dan dikalungi serban cokelat saat mengunjungi Masjid Agung di New Delhi. Dia juga duduk bersila di atas sajadah oranye. Kedua tangannya menengadah saat berdoa.

Saat keluar, dia yang bersandal jepit melambai dan disambut dengan hangat para jamaah.

Acara itu merupakan bagian dari acara Dalai Lama menghadiri konferensi antiterorisme. Konferensi yang menolak cara kekerasan dengan ''membajak'' agama itu diprakarsai Jama Masjid United Forum, organisasi muslim India.

Ketika berbicara dalam konferensi, dia meminta komunitas internasional memahami akar terorisme. Adalah salah, kata Dalai Lama, mengecap seluruh muslim kaum militan. ''Setiap tindakan punya motivasi. Kita harus memahami atau berhadapan dengan setiap motivasi yang membuat aksi terorisme,'' katanya.

Dalai Lama menyebut kasus 11 September 2001 mencemaskan konflik Katolik dan Protestan di Irlandia Utara, juga antara muslim Sunni dan Syiah di Iraq dan Pakistan.

Syed Yahya Bukhari, presiden Jama Masjid United Forum, mengatakan, sasaran terorisme meluas ke lokasi baru dengan metode dan alat makin canggih, inovatif, dan merusak. (AP/AFP/roy)

Tidak ada komentar: