Senin, 02 Juni 2008

Potret Suku Terasing

[ Sabtu, 31 Mei 2008 ]
Potret Suku Terasing di Perbatasan Brazil-Peru
ACRE - Salah satu suku terasing di Amerika Selatan tertangkap kamera. Suku yang belum bersentuhan dengan dunia luar itu mendiami hutan Amazon yang berada di perbatasan antara Brazil dan Peru.

Pemotretan tersebut sengaja dilakukan pemerintah Brazil untuk meyakinkan keberadaan mereka. Juga sekaligus untuk membantu melindungi wilayah hutan tempat mereka tinggal.

Gambar-gambar yang diambil dari pesawat terbang itu menunjukkan warga suku tersebut yang berkulit merah. Mereka terlihat mengarahkan busur dan panahnya ke arah pesawat yang melintas di atas mereka untuk melakukan pemotretan.

''Pemotretan ini kita lakukan untuk menunjukkan bahwa mereka benar-benar ada,'' jelas lembaga perlindungan suku terasing Survival International. Salah satu anggota lembaga itu, Jose Carlos dos Reis Meirelles Junior, mengatakan bahwa banyak yang menyangsikan keberadaan mereka.

Survival Internasional memprediksi sekitar 100 suku terasing masih bertahan hidup di dunia. Separo di antara mereka tinggal di Brazil dan Peru. Stephen Corry, direktur lembaga itu, mengungkapkan bahwa keberadaan mereka terancam jika lahan yang menjadi tempat tinggal mereka tidak dilindungi.(bbc/ruk)

Tidak ada komentar: